Rabu, 26 Januari 2011

Memoar Orang Orang Singkawang

| Rabu, 26 Januari 2011 | 0 komentar

Memoar Orang Orang Singkawang Cermin Budaya Indonesia Jakarta (ANTARA News)-Demi menggambarkan kekayaan budaya Indonesia yang majemuk, Galeri Foto Jurnalistik Antara menggelar pameran foto bertema ‘Memoar Orang-Orang Singkawang’ di Gedung Galeri Foto Jurnalistik Antara di Jakarta, Sabtu (22/1) malam.

Pameran yang akan digelar hingga 28 Januari itu menampilkan 152 foto dari tujuh fotografer kenamaan yang tergabung dalam Liga Merah Putih. Mereka adalah Oscar Matuloh, Jay Subyakto, Yori Antar, Syaiful Boen, John Suryaadmadja, Enrico Soekarno, Astafarinal St. Rumah Gadang, dan Julian Sihombing.

“Pameran ini merupakan sebuah usaha untuk berbagi cerita tentang budaya orang-orang Singkawang, untuk menunjukan bahwa mereka adalah bagian dari kemajemukan kita,” kata Oscar Matuloh yang juga bertindak sebagai kurator dalam pameran itu.

Yang membuatnya unik, Oscar menjelaskan, karena pameran itu mencoba menggali cerita tentang orang-orang Singkawang yang tersingkir dari kampung halaman mereka dan harus pergi ke China akibat gejolak politik di era 1960an.

“Pameran ini juga bercerita tentang kisah penyingkiran mereka,” ia memaparkan.

Oscar menjelaskan dalam pameran itu foto-foto yang ditampilkan dibagi dalam dua bagian. Yang pertama bercerita tentang kehidupan orang-orang Singkawang yang hidup di Guangdong, China, dan yang kedua tentang kebudayaan yang berkembang di Singkawang kini.

Selain pameran foto pagelaran yang menjadi bagian dari Festival Cap Go Meh Singkawang 2011 itu juga menampilkan tarian multi etnik Tidayu (Tionghoa, Dayak, Melayu), aksi Tatung, dan hiburan dari beberapa band kenamaan.

Jeprat.Jepret

hiruk.pikuk Memoar Orang Orang singkawang
Depan Galeri Antara, dipenuhi pengunjung

Penanda Identitas Adanya (Singkawang-Indonesia)
Peserta festival, orang orang Singkawang asli kata panitia nya.

Keroncong Batavia Mood
Asik asik malem malem keroncongan.ahhaaay

Atraksi Tatung (Foto oleh: Ongky)
gw melihat damai dari live screen ajah deh, padet gak ikutan merusuh.

Pameran Foto Memoar Orang Orang Singkaang di Galeri Antara
Pembukaan pameran sekitar jam 10 malam, hore!

di laporkan dari lokasi TKP, haii

Hungting fotonya kurang sukses masih gagap, pake tele + External Flas bikin pundak meletek berat banget pegel malah malem jdi buanyak sekali yg goyang postur gw yg mini sambil bawa senjata punya orang jadi hati2, klo bawa poket malah bisa nyelip nyelip. Ketemu pak BP ahaaa cukup feminim dia, kang Ray jg ketemu bentr say hai trus mindahin kendraan krna udh kemalemen pas balik lagi gak ketemu, beberpa arsitek indonesia (YA, SW, yg gw liat sih itu...

Pembukaan pamerannya malem sangat,acara festifalnya lebih banyak, ada lomba fotografi juga katanya yg menang bisa ikut hunting cap gomeh (peserta yang pameran di acara ini yang menang lomba fotografi di festival taun sebelumnya), pengunjungnnya lebih sangat banyak ketimbang tahun kemarin, ada sampan di sungai pasar barunya, ada lampion lampoin di jalannya taun kemarin enggak, intinya lebih ramai tapi lebih lama dan cukup rusuh.

daaa...
selamat pagi.hoaaam

0 komentar: